Monday, August 17, 2009

Secarik Kertas Sejarah Republik Riau Merdeka


Jika ditahun 1956 Kongres Rakyat Riau (KRR) I melahirkan opsi perjuangan untuk berpisah dari Propinsi Sumatra Tengah, yang akhirnya melahirkan Propinsi Riau. Tiga puluh empat tahun kemudian di penghujung bulan Januari tepatnya tanggal 1 Februari 2000, dalam perhelatan sama yang bernama Kongres Rakyat Riau II, lahirlah opsi merdeka dari tiga pilihan yang ada yaitu merdeka, otonomi khusus ataupun negara federasi. Dari 623 peserta yang hadir; 270 orang memilih opsi merdeka, 199 orang memilih otonomi khusus dan 146 suara memilih Negara federal.

Riau tidak dilahirkan untuk menjadi penghianat, kultur Riau adalah kultur persahabatan, persaudaraan, kesederhanaan dan kesetiaan. Sejarah panjang masyarakat Riau sejak dulu kala menunjukkan sebuah bukti daerah ini patut dihargai dan dihormati.

Riau daerah kaya yang merana. Riau negeri berlimpahan kekayaan sumberdaya mineral, hutan, hamparan hijauan ribuan hektar kelapa sawit, pusat pertumbuhan ekonomi baru, kawasan industri maju dan negeri kaya dengan hasil ikannya, tapi disisi lain Riau masih diselimuti kemiskinan beraksesoris kebodohan, ketertinggalan dan keterbelakangan dengan pemeran utamanya masyarakat Melayu.

Salam Riau Merdeka!

3 comments:

  1. kini Riau telah dibagi 2, kep.riau dan riau...apakah ini suatu cara pemerintah pusat untuk meredam kemerdekaan Riau Raya...!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. silahkan baca blog bendera Riau merdeka http://www.riauterkini.com/politik.php?arr=15497

    ReplyDelete